Cerita Sehari-hari

Post image

Top Markotop! Ternyata Banyak Banget Manfaat Makan Entok

   Top Markotop! Ternyata Banyak Banget Manfaat Makan Entok

Siapa sih yang gak kenal entok? Unggas berkaki dua yang rupanya agak sedikit mirip bebek. Dan mungkin di antara teman-teman sudah tau, kalau saya dekat sekali dengan entok. Tapi, meskipun saya dekat dengan dia, please jangan tanya ya, yang mana kakak yang mana adik antara entok dan bebek, please, jangan! Saya belum sedekat itu, nanti istri saya cemburu kalau saya terlalu dekat dengan dia. (Apasih Nu...)

Entok sendiri bisa dikonsumsi dan diolah jadi lauk yang memiliki cita rasa nikmat. Dan saya yakin, diantara teman-teman juga sudah pernah mencoba mencicipi kenikmatan entok. Apalagi, kalau entoknya dari Bumbu Ireng Yu San

yang lembut, murah dan bikin nagih! Makan pakai nasi panas yang dicocol pake sambel merah dan sambel ireng yang diaduk jadi satu, trus ditemani terong sama pete. Beuuuhh mantep banget! mau nambah lauk? Ada tahu, tempe, telor ceplok/telor dadar atau ayam juga ada. Trus minumnya coba es buah andalan Yu San deh, maa syaa Allah nikmat bangeeeetttt!! Gak percaya? Cobain sendiri deh biar percaya bagaimana mantapnya~

 

 

 

Dan ternyata, bukan cuma nikmat rasanya, entok juga kaya memiliki kandungan gizi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita teman-teman. Belum tau kan? Yuk simak bahasan di bawah ini ya...

ENTOK PENUH GIZI  

  • Protein dan Karbohidrat

Daging entok mempunyai protein dan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga sangat berguna untuk meningkatkan stamina dan mencukupi kebutuhan tenaga. Adapun kandungan protein tersebut berupa asam amino esensial yang sangat dibutuhkan tubuh dalam membangun sel, hormon, enzim dan protein untuk pembentukan otot.

  • Kalori

Siapa sangka teman-teman, ternyata entok pas sekali buat menjalankan program diet, karena menurut penelitian, kalori daging entok 10% lebih berkualitas untuk mencukupi kebutuhan gizi harian dibandingkan dengan daging ayam. Mantep tenaaaan!

  • Zat Besi

Gak cuma kandungan protein, entok juga punya kandungan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk mengoptimalkan protein dan enzim. Zat besi sendiri penting sekali dan dapat berefek buruk apabila tubuh kita kekurangan teman-teman yang mana akan berakibat kematian. Dan pada kenyataannya, dengan mengkonsumsi sekitar 3,7 ons daging entok, maka kebutuhan zat besi kita tercukupi.

DAGING ENTOK UNTUK KESEHATAN

Nah, tadi kan teman-teman udah pada tau nih nutrisi dari daging entok, sekarang kita lihat yuk manfaatnya untuk kesehatan. Dan perlu diketahui lagi teman-teman, daging entok mengandung kalori yang sangat tinggi, yaitu pada 3,7 ons daging entok memilki 200 kalori yang berguna untuk meningkatkan bobot tubuh seseorang.

Jadi manfaatnya kurang lebih...

  • Meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh

Buat teman-teman yang mudah lelah, rasanya perlu dicoba mengkonsumsi entok karena dapat meningkatkan stamina dan mengurangi kelelahan.

Protein berfungsi untuk mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan bermacam-macam mikroba dan zat toksik yang datang dari luar dan masuk ke tubuh sehingga akan meningkatkan sekresi enzim kemudian membantu proses netralisir racun oleh hati yang bermanfaat untuk imunitas tubuh.

  • Pembentukan otot

Apabila kita melakukan aktifitas berat, otot mudah sekali rusak. Namun tak perlu khawatir, karena otot dapat memperbaiki sendiri otot yang rusak dengan memanfaatkan protein untuk membentuk sel baru.

Dan dengan memakan daging entok, in syaa Allah dapat membantu memulihkan kerusakan yang dialami.

  • Program diet

Seperti yang saya tulis di atas, manfaat entok bisa sebagai program diet lho, teman-teman. Menarik ya? karena entok memiliki kandungan serat dan gizi yang tinggi. Lemak jenuh pada daging entok juga sedikit, jadi pas banget!

Dan tipsnya, makan daging entoknya tanpa nasi ya, buat yang berdiet. Namun didampingi dengan sayur.

  • Mencegah animea dan menyeimbangkan hormon

Manfaat lainnya, zat besi pada entok dapat membentuk sel darah merah yang mana apabila tubuh memilki sel darah merah yang cukup dapat menghindari animea. Dan selain itu, juga dapat menyeimbangkan hormon untuk menentukan mood dan keseburuan seseorang.

 

Maa Syaa Allah, Tabarakallah...

Gimana teman-teman? Ternyata entok ajiiiibb banget ya! top markotop!

Jangan lupa makan entok ya...

 

Teuku Wisnu