Cerita Sehari-hari

Post image

‘BOYS TIME’ ALA ABI TW & ABANG ADAM

“Anak cowok itu energinya besar, jadi ajak anak cowok kita untuk banyak melakukan kegiatan biar energinya tersalurkan. Bisa ajak olahraga bareng, permainan bergerak, cuci mobil, dan sebagainya”
 Ustadz. Syafiq Riza Basalamah

Salah satu nasihat dari Ustadz Syafiq yang saya ingat sekali hingga sekarang. Dan dari nasihat ini, saya belajar perlahan dan terapkan ke jagoan saya, Adam. Hingga semakin hari semakin menyenangkan rasanya belajar dan bermain bersama Adam.

Alhamdulillah, atas izin Allah Subhanahu wa ta’ala, Adam tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Makanya, tak jarang abinya kelelahan saat bermain dengan Adam atau kebingungan saat menjawab beberapa pertanyaan Adam hehehe. Tapi inilah yang namanya ‘Parenting’. Yang banyak belajar itu adalah kita orang tua, sebagai bekal yang kita ajarkan untuk anak-anak kita.

Saya selalu menanamkan pemikiran pada diri saya, “Masa anak-anak adalah masa yang indah. Masa di mana anak-anak membutuhkan sosok orang tua sebagai pendidik bagi mereka, masa yang menentukan bagaimana perilaku & kepribadian dibina, dan masa yang tidak terulang bagi dirinya. Makanya, jangan sampai karena kesibukan mencari nafkah, saya melewatkan moment penting bagi hidup anak-anak saya. Jangan sampai saya menyesal, saya harus membersamai mereka”.

Untuk itu, minimal saat lagi libur kerja atau weekand, saya habiskan waktu saya untuk bermain bersama istri dan anak-anak saya. Apalagi kalau lagi berdua sama Adam di saat kakak Hawwa dan Dek Shafiyyah lagi tidur atau main sama maminya, maka waktu saya bersama abang Adam, saya sebut dengan, “Boys Time!”.

 

Boys Time, Asiknya ngapain ya??

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk belajar dan bermain dengan Adam. Itulah mengapa, orang tua dituntut supaya kreatif, agar hal yang dilakukan bersama anak-anak terasa menyenangkan dan tidak membosankan meskipun dilakukan secara berulang.

Dan berikut beberapa hal yang biasa saya lakukan ketika boys time bersama Adam:

Main Petak Umpat Huruf Hijaiyah

Menghapal menjadi menyenangkan! Inilah cara saya murajaah hafalan Adam tentang huruf-huruf hijaiyah yang dia hafalkan. Kalau kita orang dewasa disuruh setoran hafalan dan langsung berhadapan dengan orang yang mendengarkan, itu adalah hal yang wajar. Namun untuk anak-anak, cara seperti ini mungkin akan terasa membosankan. Untuk itu, saya coba ajak Adam untuk menghapal sambil bermain peran Dinosaurus.

Caranya, saya menuliskan beberapa huruf hijaiyah di kertas, kemudian saya taruh di beberapa titik. Selanjutnya, bermain peran! Saya pegang Dinosaurus, dan Adam juga pegang Dinosaurus. Dinosaurus saya bertanya kepada Dinosaurusnya Adam. “Dino, coba cari huruf Nun!”. Dan secara otomatis Adam akan cari huruf Nun diantara beberapa huruf hijaiyah yang saya sebar. Mudahkan? Cara ini efektif gak bikin Adam bosan hehe.

Naik Roller Coaster Modal Kuota

Mau buat anak senang sekaligus bikin biceps kencang? Gampang! cuma modal kuota. Saya cukup nyalakan video roller coaster dengan durasi yang lumayan panjang, sediakan box besar untuk diduduki Adam, lalu saya goyangkan box tersebut seirama dengan roller coaster yang ditampilkan di video. Lumayan, Adam senang dan saya sedikit berolahraga hehe. Dan sepertinya, kakak Hawwa mau juga nih?

 

Mencuci Mobil

‘Like Abi like Adam’. Adam suka banget kalau lihat saya lagi mencuci mobil, makanya terkadang saya ajak Adam untuk cuci mobil bareng biar rasa sukanya tersalurkan. Dan gak cuma mobil beneran, Adam juga suka mencuci mobil-mobilan punyanya sendiri. In syaa Allah, kalau Adam cuci sendiri pun aman sekali kok hehehe.

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pagi-pagi Adam udah cuci Mobil ditemani Hawwa nih . Ayo semangaaaat guys. Jangan dikasur terus, walau lagi libur 😏 . . #MaaSyaaAllahTabarakallah

A post shared by teuku wisnu (@teukuwisnu) on

Menyayangi Adik

Kalau dekat ribut, kalau jauhan kangen-kangenan, apalagi kalau adiknya lagi sakit jadinya Adam kesepian. Maa Syaa Allah, namanya juga anak-anak yaa.. Nah, kalau adiknya lagi sakit, boys time ala Abi sama Adam tuh berdoa bareng buat kesembuhan kakak Hawwa atau Shafiyyah. Dan malah terkadang, Adam duluan yang mengajak dan sambil pijitin adiknya, maa syaa Allah.

 

Sholat ke Masjid

Maa Syaa Allah Tabarakallah, meskipun Adam belum berusia 7 atau 10 tahun yang mana usia anak laki-laki baligh dan diwajibkan shalat, tapi Adam selalu semangat dan mau ikut saya dan Acik kalau ke Masjid. Ini pun jadi boys time-nya kami. Sepanjang perjalanan menuju masjid saya & Adam suka saling cerita dan curhat hehe. Belum lagi saat shalat, Adam diam-diam memperhatikan saya dan belajar tata cara gerakan shalat yang benar. Alhamdulillah, pelan-pelan taat sama agama ya, Nak..

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Umur Adam memang belum 7 tahun, Apalagi 10 thn, Yg dimana mulai diwajibkan anak kita utk sholat. . Di umur Adam yg masih 5 thn, Terkadang gampang-gampang susah ngajaknya ke Mesjid, Kalau lagi main sama Abi dan Acik dan waktu adzan berkumandang, Adam dgn semangat pengen ikut. Tapi kalau lagi main sama yg lain, dan Abi ajak sholat, Adamnya ga mau 😁. . Belum lagi dulu waktu Adam masih umur 3 thn, Aku terkadang ga mau ajak Adam, Kenapa?? Krn masih susah utk diatur ketika sholat, Buktinyaaa.. Satu kacamata Jamaah menjadi KORBAN, diinjek ama Adam 😓. . Tapi kalau sekarang Alhamdulillah udah mulai lebih tenang kalau lagi sholat, Tapi jgn sampe adek Hawwa ikut 😁, Soalnya kerjanya Adam itu menghentikan Hawwa lari-lari dan suruh utk sholat. Kebayangkan 2 anak lari-lari ketika kita lagi sholat 😅😅, Kita sih gpp, Tapi ga enak dgn Jamaah yg lain 😌😌. . Dan memang pernah dengar dari ustadz, Ketika kita bisa mengkondisikan anak kita utk tetap diam di tempat sholatnya, walau dia masih celingukan ke kanan kiri belakang, asal ga lari2an, ustadz menganjurkan utk bawa anak kita mesjid. Tapi kalau ga bisa, Berarti sebaiknya anak ga diajak sholat berjamaah di Mesjid. Tapi aku juga pernah dengar pendapat yg berbeda soal ajak anak sholat di Mesjid. Dan menurutku balik lagi ke ortu, NYAMAN nya seprti apa. kalau Abi dan Adam sih NYAMAN nya makai Qomis dari @geraihawa @geraialfatihkids

A post shared by teuku wisnu (@teukuwisnu) on

Itulah beberapa contoh Boys Time Ala Abi TW & Abang Adam. Sebenarnya masih banyak hal lainnya, yang kebetulan tak terdokumentasi. Misalnya seperti; olahraga bareng, baca buku bareng, nonton film, main games, bahas cerita sahabat Nabi dan sebagainya.

Semoga sedikit yang saya sampaikan di artikel ini bermanfaat ya, teman-teman. Dan bisa dijadikan referensi untuk teman-teman dalam mengajak bermain dan belajar bersama anak-anak. Salam dari saya untuk buah hati teman-teman semua ya..

 

Teuku Wisnu