Cerita Sehari-hari

Post image

Mendidik Anak Agar Shalih Memang Tak Mudah, Namun Bisa Menyenangkan Asal Tau Caranya!

“Sesungguhnya Allah ta’ala akan mengangkat derajat seorang hamba shalih di Surga. Kemudian dia berkata, “Wahai Rabb-Ku, bagaimana hal ini bisa terjadi padaku? Maka Allah menjawab: “Hal itu dikarenakan doa yang dipanjatkan anakmu agar kesalahanmu diampuni”. (HR. Ahmad)

Memiliki anak yang shalih dan shalihah adalah dambaan kita semua sebagai orang tua. Karena mereka, merupakan investasi terbesar yang menjadi penolong kita di akhirat kelak, in syaa Allah. Namun, mendidik anak menjadi shalih dan shalihah bukanlah perkara yang mudah dan singkat. Apalagi di zaman sekarang ini, di mana fitnah dunia lebih manis rasanya dan mudah melenakan kita semua.

Untuk itu, agar anak kita tak terpengaruh oleh fitnah dunia ketika tumbuh dewasa, maka sedari dini wajib hukumnya bagi kita untuk menanamkan nilai-nilai agama pada mereka berupa pendidikan aqidah, akhlak dan kewajiban beribadah serta memberikan mereka informasi dan edukasi yang positif untuk membersamai tumbuh kembangnya. Dan hal-hal seperti itulah yang sedang saya dan istri ikhtiarkan untuk mendidik dan memberikan yang terbaik untuk buah hati kami; Adam, Hawwa dan Shafiyyah. In syaa Allah.

Adapun memberikan informasi dan edukasi yang positif untuk mereka itu ada banyak macamnya, salah satunya dengan memberikan tayangan visual ramah anak yang berisi ajakan, nasihat dan pesan yang baik untuk mereka dengan visualisasi yang menghibur, menyenangkan & mudah dipahami oleh anak-anak. Salah satunya adalah Nussa dan Rara, yang merupakan tayangan animasi edukatif Islami dan sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Animasi yang tak hanya lucu dan menggemaskan karena figur pemain, namun juga isinya sarat akan nilai moral dan pelajaran yang seharusnya didapatkan anak-anak.

Penggambaran karakter Nussa dan Rara menurut saya benar-benar epic! Nussa merupakan sosok anak shalih penyandang disabilitas yang penurut kepada Umma dan menyayangi adiknya, Rara. Sabagai kakak, Nussa senantiasa menasihati adiknya. Dan Rara adalah sosok adik yang menggemaskan dan selalu antusias mendengarkan dan mencerna nasihat kakaknya. Dan jika Nussa lalai, maka Rara pun tak segan mengingatkan kembali kakaknya. Maa Syaa Allah, saya saja yang menonton dibuat luluh dengan karakter mereka. Semoga Adam, Hawwa, Shafiyyah dan anak-anak kita semua juga saling tertanam di hatinya rasa berkasih sayang antar saudara seperti Nussa dan Rara, Aamiin Yaa Rabb..

Lalu saya pun berfikir, tayangan positif untuk anak seperti ini akan bagus sekali jika banyak macamnya, perlahan menggantikan tayangan yang negatif dan kurang mendidik untuk dilihat anak-anak. Terlebih, saya memang memiliki mimpi besar yaitu masuk ke dunia pendidikan anak. Dan Alhamdulillah, semua atas izin Allah perlahan satu persatu mimpi saya Allah berikan jalan. Pertama dari mulai mendirikan KB & TK Anak Teladan, kemudian bergabung dengan project Nussa dan Rara, dan sekarang saat ini lagi menggarap temannya Nussa yang bernama Riko the Series bersama sahabat saya, Bro Arie Untung dan Mas Yuda. Doakan semoga lancar ya, teman-teman.

Memang, Riko the Series apa? Bagi yang belum kenal, yuk kita kenalan dulu. Bismillah...

 

Halooo Manteman, Ini Riko Sahabatnya Nussa!

Kata pepatah, ‘tak kenal maka tak sayang!’, makanya kenalan dulu yuk sama Riko di teaser Riko the Series di youtube-nya. Jangan lupa di like, share & subscribe ya, manteman

Masa anak-anak adalah masa aktif dan melakukan banyak hal. Segala hal yang dilihat, didengar dan dirasa akan menjadi sebuah tanda tanya yang besar di otak mereka. Makanya, anak-anak senang sekali mencoba segala sesuatu yang baru di sekitar mereka. Seperti Riko yang selalu penasaran saat mengeksplorasi benda dan bertanya,

“Mah, ini apa mah?” (saat membolak balikan buku bergambar).

“Wah, itu apa ya?” (saat mengamati langit di malam hari dengan teropong)

“Kok bisa gini?” (saat melihat benda di kaca pembesar)

“Hah?” (saat bola lampu menyala)

“Wah” (saat melihat hujan di luar)

Dan itu baru beberapa, masih ada banyak hal lain yang membuat Riko penasaran dan ingin tahu tentang sesuatu yang dia temukan. Karena sejatinya Riko suka menjelajah, meneliti sesuatu dan mencoba hal-hal baru sama seperti anak-anak kita. Maka dengan tayangan the Riko ini, anak-anak kita in syaa Allah dapat belajar bersama dengan cara yang menyenangkan. Begitu pun kita sebagai orang tua akan turut belajar bagaimana cara mendidik dan menjawab informasi dengan cara menyenangkan & mengasyikan. In syaa Allah..

Riko bukanlah Nussa, dan Nussa bukanlah Riko. Namun keduanya bukanlah bersaing, melainkan bersahabat dan saling mendukung satu sama lain untuk bisa hadir di tengah anak-anak kita untuk bisa memberikan hiburan animasi yang edukatif, inspiratif dan motivatif dengan nilai-nilai keislaman serta disajikan dengan cara yang menghibur dan menyenangkan, in syaa Allah. Mohon doa dan dukungannya, manteman. Terima kasih!

 

Teuku Wisnu