LOADING

Cerita Sehari-hari

Post image

TANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK SEJAK DINI

Ayah bunda yang muliaa..

Orang tua mana yang tidak cinta dan sayang kepada anaknya. Tentu semua orang tua sangat ingin membahagiakan anak-anaknya dengan cara apapun. Bahkan diantara kita, ada yang dengan sengaja menyiapkan pembantu khusus untuk mengurus keperluan mereka, mulai sejak bangun tidur hingga tdur kembali. Mulai dari menyiapkan baju yang akan dipakai, mengikat tali spatu, menyisir rambut, merapikan buku, menyuapinya makan, membawakan tasnya, hingga membersihkan kamar dan tempat tidurnya.

Akan tetapi, ternyata Rasulullaah shallallaahu 'alaihi wa sallam tidak demikian dalam mengaplikasikan sayangnya kepada anak-anak. Pernah suatu ketika Rasulullah ingin berpuasa, maka dibangunkanlah sahabat Anas bin Malik untuk menyiapkan makan sahur dan memanggil seorang sahabat untuk menemani beliau sahur. pada saat itu usia Anas masih dibawah 10 tahun. Akhirnya Anas makan sahur bersama Rasulullah kemudian pergi untuk sholat shubuh. (HR. Imam Ahmad No. 12967 dishahihkan oleh Albani dalam shahih sunan Nasa'i No. 2166)

kisah diatas mengajarkan kepada kita selaku Ayah bunda tentang makna dan arti dari kemandirian. Oleh karena itu, kasih sayang kita kepada anak-anak kita, jangan sampai melupakan kita untuk mengajarkan kemandirian kepada mereka. Karena sesungguhnya, kemandirian merupakan bekal terbaik yang telah diajarkan Rasulullaah shollallahu 'alaihi wasallam kepada para sahabat-sahabatnya, dan terbukti menjadikan mereka pribadi-pribadi tangguh yang tidak cengeng.

Wallahu Ta'alaa A'lam.