Bisnis

Manfaat Madu, Satu Kemasan Untuk Segala Kebutuhan

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa madu memiliki segudang manfaat untuk segala kebutuhan. Bisa untuk kesehatan sampai kecantikan, madu seringkali menjadi bahan utama untuk obat, salep, krim ataupun masker. Untuk itu, dalam thibbun nabawi atau pengobatan Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam sendiri, sangat dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi madu. Sebagaimana dalam hadist diterangkan;

“Ada seorang menghadap Nabi  Shalallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata: ‘Saudaraku mengeluhkan sakit pada perutnya (dalam riwayat lain diare), Nabi berkata: ‘Minumkan ia MADU’. Kemudian orang itu datang untuk kedua kalinya, Nabi berkata: ‘Minumkan ia MADU’. Orang itu datang lagi pada kali ketiga, Nabi tetap berkata: ‘Minumkan ia MADU’. Setelah itu, orang itu datang lagi dan menyatakan: ‘Aku telah meminumnya (namun belum sembuh juga malah bertambah mencret)’. Nabi bersabda: ‘Allah Maha Benar dan perut saudaramu itu dusta. Minumkan lagi MADU’. Orang itu meminumkan lagi, maka saudaranya pun sembuh”. (HR. Bukhari & Muslim).

Maa Syaa Allah, dan tak hanya tertera pada hadist di atas, pada hadist lainnya pun juga disebutkan pengobatan yang diajarkan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam dengan madu. Dan di Al-Qur’an pun dalam surah An Nahl ayat 69 dikatakan:

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkannya”.

 

Madu untuk Kesehatan

Madu merupakan campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31 persen). Selain itu ada juga karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Tidak hanya itu, madu juga mengandung anti oksidan dari senyawa chrysin, pinobaksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin yang secara keseluruhan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Misalnya; untuk mencegah diabetes karena madu bisa untuk pengganti gula yang manis, mencegah kanker dan menyehatkan jantung karena madu mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal pertumbuhan sel-sel jahat dalam tubuh, madu untuk memperkuat kekebalan tubuh karena dapat merangsang produksi sel kekebalan tubuh, madu untuk menyembuhkan luka, sebagai obat luar saat terjatuh atau terbakar, madu untuk menurunkan kolestrol dan berat badan karena dapat melancarkan sistem pencernaan dan membakar lemak secara efektif dan lain sebaginya. Masih banyak sekali manfaat dari madu ya, teman-teman.

 

Madu untuk Kecantikan

Tak hanya kesehatan, madu juga menjadi bahan alami untuk kecantikan, mulai dari kulit, bibir dan juga rambut. Makanya, seringkali madu dijadikan bahan alami untuk masker. Istri saya sering pakai, begitupun saya juga terkadang. Karena merawat diri juga salah satu hal yang Allah cintai.

Berikut beberapa manfaat madu untuk kecantikan: melembapkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo, menyamarkan bekas jerawat, mencegah penuaan diri biar awet muda hehehe, melembapkan bibir agar tidak pecah-pecah, menguatkan rambut, menghilangkan ketombe, membuat rambut lebih berkilau dan sebagainya. Ada banyak manfaat dari madu.

Untuk itu teman-teman, yuk mulai lebih aware dengan tubuh sendiri, jaga selalu stamina diri kita dan keluarga kita dengan mengkonsumsi madu. Terlebih, di masa pandemi seperti ini, rasanya meningkatkan imunitas tubuh adalah hal yang sangat harus dilakukan.

Kurangi konsumsi gula dan ganti dengan madu. Karena manisnya madu, #ManisnyaSehat 🙂

Dan untuk mendapatkan madu yang asli dan berkualitas, teman-teman bisa membeli Madu TW.Yang mana Madu TW tersebut diproduksi secara alami oleh lebah ternak dari pohon randu dan karet hutan tropis yang dipanen saat madu matang, sehingga kualitas in syaa Allah selalu terjamin. Tersedia dengan 2 berat yang berbeda, 225gr dan 350gr.

Semoga bermanfaat ya, teman-teman

 

Teuku Wisnu

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *