Bisnis

Era New Normal: Inilah Cara TW Menjaga Daya Tahan Tubuh

 

Kembali ke kebiasaan awal setelah lebih dari 3 bulan #DiRumahAja tentunya tak mudah. Terlebih, masih di tengah pandemi yang mengancam. Semakin hari, semakin bertambah jumlah korban yang terpapar virus corona. Untuk itu, kiranya kita harus pandai menjaga imunitas/daya tahan tubuh kita agar tetap vit dan tak mudah sakit.

Mengapa? karena teman-teman, virus akan mudah menyerang tubuh kita bila daya tahan tubuh kita rendah. Makanya, kita harus menjaga kebersihan tangan, makanan, pakaian dan juga, usahakan agar diri kita tetap happy dan rileks dalam menjalani hari. Ini penting! Karena menurut penelitian, bila kita stress, imun tubuh kita akan menurun. Jadi, teman-teman juga harus menjaga mood yaa!

Dan berikut, beberapa tips lainnya yang saya lakukan dalam menjaga daya tahan tubuh saya dan keluarga:

  1. Istirahat yang Cukup

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa perlu mencukupkan tidur minimal 7-9jam dalam sehari. Orang yang kurang tidur rentan terinfeksi patogen, karena menurunya proliferasi limfosit yang menjadi bagian dari sistem imun. Selain itu, tubuh juga melepaskan sejenis protein yang disebut sitokin hanya saat kita tidur. Di mana sitokin itu berperan penting dalam sistem imun manusia. Jadi, tidur itu penting ya, teman-teman. Dan tubuh kita ini layak mendapatkan hak-nya untuk beristirahat. Jangan kita paksa buat beraktifitas terus.

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا

“Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat”. (QS. An Naba: 9)

 

 

 

 

 

 

 

2.Konsumsi Makanan Sehat

4 sehat 5 sempurna! Jadi inget slogan masih kecil saat ibu kita memberikan asupan ya… dan sekarang perannya digantikan oleh istri saya. Alhamdulillah, ia selalu memperhatikan asupan makanan yang konsumsi dan juga senantiasa menjaga kebersihan bahan yang akan diolah menjadi makanan untuk disantap sekeluarga.

Karbohidrat, protein, sayur, buah, susu dan air putih 8 gelas sehari tak luput saya makan setiap harinya. Khusus untuk protein, ini penting ya, teman-teman, karena protein berperan menjaga metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik, dan sistem kekebalan tubuh lebih optimal. Sumber protein pun ada banyak ya, salah satunya dengan mengkonsumsi Entok dan Pete ala Bumbu Ireng Yu San. Apalagi, bila keduanya dikonsumsi dengan sambal khas Yu San! Beeeuuhh, ‘Nikmat Mana Lagi yang Kamu Dustakan?’ maa syaa Allah…

 

3.Konsumsi Herbal atau Multivitamin

Tak cuma makanan sehat, tubuh juga butuh ekstra tambahan energi dari sumber makanan lain. Seperti herbal ataupun multivitamin. Karena keduanya bisa memperkuat daya tahan tubuh kita. Untuk saya dan istri biasa mengkonsumsi Madu TW  saat sarapan pagi, dan anak-anak (abang Adam dan kakak Hawwa) mengkonsumsi Vitabumin yang In Syaa Allah, aman dan berkhasiat untuk memperkuat imunitas keluarga saya.

View this post on Instagram

. . Ingin dapat penghasilan JUTAAN sampe PULUHAN JUTAAN RUPIAH saat #Dirumahaaja? Yuk jadi distributor dan agen madu. . Madu TW (Madu Thibun nabaWi) adalah madu Hutan dari Riau yang alami, LEZAT, dan AMAN dari kandungan bahan kimia yang berbahaya in syaa Allah. Packagingnya PREMIUM, Tapi harganya sangat kompetitif. Dan MARGIN untuk para distributor dan agen sangatlah lumayan 😁😁. . In syaa Allah nanti bagi distributor akan dipromosikan saya, @shireensungkar, @zaskiasungkar15 atau @irwansyah_15. . BURUAN YA!! Kemaren, belum sempet kami berempat promokan, tapi atas izin Allah madu @madutw_id langsung diambil para distributor, Sampe benar-benar stock mau habis. ALHAMDULILLAH . Nah sekarang madunya, Alhamdulillah Sudah tersedia lagi. Yuk Cek instagram @madutw_id buat info lengkapnya 🙏🏻🙏🏻 . Selamat sahur semua!! Eh udah adzan ya 😅, Selamat subuhan bersama keluarga dirumah 😊🙏🏻🙏🏻. . . #madu #maduindonesia #maduRiau #peluangusaha #usaha #peluangbisnis #bisnis

A post shared by teuku wisnu (@teukuwisnu) on

4.Olahraga di Rumah

Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan sekaligus menjadi hikmah buat mempererat keakraban antara saya dan anak-anak saya adalah momen berolahraga. Terlebih, bersama jagoan kecil saya, abang Adam. Banyak olahraga yang kami lakukan. Namun yang favorit, biasanya sepak bola atau basket. Alhamdulillah, selain membuat tubuh lebih segar, juga semakin disayang sama anak-anak di rumah hehehe.

View this post on Instagram

Urusan mendidik anak mah bagian istri aja.. Kan suami udah capek kerja di luar. Alhasil pas sampai rumah kebiasaan cuman marah-marah 😥. . Ada yang begini? Realitanya banyak ya, teman-teman, mungkin ini termasuk saya sendiri 😓😓. . Coba kita fikirkan lagi.. Anak ini, anak siapa? Anak berdua kan? Bukan cuma anak istri dengan batu? 😅 Makanya, tanggung jawabnya pun berdua. . Padahal Imam Ibnu Qayim mengatakan, 'kalau anak rusak penyebabnya adalah Ayah'. Karena ayah itu punya kepimimpinan. . Jadi, Ayah… Mencari nafkah itu adalah sebagian tugas ayah, bukan segala-galanya. . Dalam Qur'an ada 17 dialog di 9 surat yang berisi percakapan antara orang tua dan anak. Dan setelah di data, percakapan antara ayah dengan anak ada 14 sendiri. Maa Syaa Allah. . Maka, jadilah ayah yang mengagumkan sesibuk apapun, bahkan di negeri jauh sekalipun. Agar anak memiliki sandaran & tumbuh dengan baik in syaa Allah. . Catatan dari kajian ustadz @budiashariofficial . jazakallahu khoir editannya @nnk254

A post shared by teuku wisnu (@teukuwisnu) on

5.Mengendalikan Stress

Seperti yang saya singgung di atas, mood itu juga mempengaruhi daya tahan tubuh. Bila mood sedang baik, maka daya tahan tubuh terjaga. Dan bila mood buruk karena banyak pikiran lalu stress, maka daya tahan tubuh pun mudah menurun. Untuk itu, jangan terlalu diambil pusing atau menjadi beban pikiran ya, teman-teman. Pikirkan hal-hal yang baik dan menyenangkan. Atau bila bosen, coba bikin tebak-tebakan garing ala TW juga boleh hehehe

View this post on Instagram

Ekspresi kalian sama ga??

A post shared by teuku wisnu (@teukuwisnu) on

6. Keep Calm & Rilex!

Masih ada kaitannya dengan poin no 5, namun poin ke-6 dan yang menjadi poin terakhir dalam menjaga daya tahan tubuh di Era New Normal ala saya ini bisa menjadi alternatif yang baik. Kalau tubuh teman-teman mulai merasa kurang bertenaga, flu, batuk ataupun masuk angin, coba diurut dengan Bio Tanamu Minyak Balur .ya, karena maa syaa Allah khasiatnya banyak. Dan juga bisa menjaga daya tahan tubuh baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Pas sekali untuk menghangatkan sekaligus terapi refleksi.

 

Itulah tadi ke-6 tips menjaga daya tahan tubuh selama masa Era New Normal ala saya. Semoga teman-teman semua juga senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan yaa.. sehat selalu semua!

 

Teuku Wisnu

 

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *