Category: Cerita

Sebuah Mimpi yang Diperjuangkan: Teuku Wisnu CS Membangun Rumah Tahfidz Untuk Masa Depan

Saya yakin, kita semua pasti memiliki keinginan dan ambisi untuk mewujudkan mimpi. Begitupun denganku, istriku, dan keluargaku, kami pun memiliki mimpi yang seringkali terbayang, sekaligus cita-cita yang kami perjuangkan. Perlahan, sedikit demi sedikit kami rampungkan. Dan Alhamdulillah atas izin Allah, prosesnya terus berjalan. Mimpi dan cita-cita yang kami perjuangkan mengandung kebermanfaatan bersama, bahkan kelak saat tiba masanya kita semua terbujur kaku di liang lahat, in syaa Allah, manfaat dan pahala akan terus mengalir ke diri kita, karena ini project masa depan (akhirat). Jadi tak hanya saya dan keluarga, namun siapapun yang ikut andil di dalamnya bisa mendapatkan berkahnya. Dan mimpi itu, tak lain dan tak bukan adalah membangun Rumah Tahfiz.   SEMUA INGIN IKUT ANDIL DALAM PROJECT AKHIRAT Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, alhamdulillah proses pembangunan Rumah Tahfidz ini terus berjalan. Pada awalnya, kami membeli tanah dari seorang teman kami yang luasnya hampir mencapai 2.000 meter, namun setelah kami menyampaikan tujuan pembelian tanah untuk wakaf dan membangun Rumah Tahfidz, maa syaa Allah, beliau pun ingin turut andil dalam project akhirat ini dan takjubnya, beliau memberikan harga di bawah harga pasar. Maa Syaa Allah Tabarakallah... baru mulai saja sudah ada yang bergabung dan mengambil kesempatan emas ini. Proses pun terus berjalan,…

Teuku Wisnu dan Keluarga Menjaga Kesehatan dengan Bersepeda di Era New Normal

Kita tau, pandemi ini belum berakhir. Dan angka kematian semakin bertambah setiap harinya. Namun, kita tak bisa berdiam diri di rumah terlalu lama, karena, roda perekonomian harus berputar kembali dan kita memasuki Era New Normal untuk beraktifitas seperti biasa. Tentunya, tak mengindahkan penerapan protokol kesehatan seperti: memakai masker, menjaga jarak dan rajin untuk cuci tangan. Dan tak hanya itu, tentunya kita juga harus menjaga kesehatan kita dengan konsumsi makanan bergizi, minum madu tw juga herbal lainnya dari Nabawi Herbal serta berolahraga. Dan karena sekarang sedang masuk Era New Normal, maka saya, keluarga dan teman-teman tak hanya berolahraga di dalam ruangan atau di halaman rumah saja, tapi juga berolahraga di luar ruangan, salah satunya dengan bersepeda.   Ternyata, bersepeda itu maa syaa Allah ‘nagih’ sekali teman-teman. Karena atas izin Allah, membuat tubuh saya lebih sehat dan bugar, mood lebih happy dan konsentrasi juga lebih meningkat. Makanya, saya suka sekali bersepeda bersama istri, anak juga sahabat-sahabat dekat. Bersepeda pun ternyata punya manfaat lainnya, baik dari segi kesehatan maupun hal-hal lainnya, diantaranya nih: Meminimalisasi penuluran Covid-19 Menjaga jarak antara 1-2 meter, tentunya tak semudah yang dihimbaukan. Terlebih, jika kita pengguna kendaraan umum yang terkadang masih suka berdesak-desakan di dalam. Untuk itu teman-teman, mengendarai…

Sehat dan Bugar dengan Bekam Sebulan Sekali

Saat saya ditanya, terapi kesehatan apa yang bagus dan biasa saya lakukan, maka tak lain dan tak bukan adalah bekam. Karena maa syaa Allah, di tubuh saya manfaatnya luar biasa. Dan di tengah kesibukan saya yang padat, tentunya saya mudah lelah dan gampang terserang penyakit. Atas izin Allah, bekam membuat saya lebih sehat dan bugar. Makanya, sebulan sekali in syaa Allah saya rutin lakukan. Teman-teman sendiri bagaimana? Ada yang sudah pernah mencoba bekam, belum? Buat yang belum, biasanya saya suka ditanya, “Sakit gak?” maka jawabannya, engga kok, cuma sedikit saja kaya digigit semut. Dan sakitnya juga gak seberapa, bekasnya mudah hilang setelah seminggu, namun manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan tubuh kita. Diantaranya nih ya: Melancarkan peredaran darah Sudah terkonfirmasi oleh ahli kesehatan dunia, bekam memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah. Karena saat melakukan bekam, darah-darah kotor akan terangkat dan keluar dari kulit. Selanjutnya, aliran darah menjadi lancar dan kita terhindar dari berbagai penyakit dalam. In syaa Allah Mengatasi kelelahan Faktanya, terapi bekam dapat memindahkan posisi otot dan itu berguna sekali untuk meredakan ketegangan otot karena kelelahan. Relaksasi otot yang dirasakan selama bekam akan menenangkan saraf dan mengeluarkan hormon seretonin yang membuat badan lebih segar dan mood lebih ceria. Menghilangkan rasa…

TIPS BONDING ANTARA AYAH DAN ANAK LAKI-LAKI (versi Abi dan Adam)

Memiliki dua anak perempuan dan satu anak laki-laki tentunya beda treatment untuk mendidiknya. Kalau kakak Hawwa dan adik Sya sama-sama perempuan jadi bisa saling mengerti satu sama lain, saling mendukung dan saling sharing bersama mami. Namun abang Adam saat ini masih sendiri (ndak tau ya, kalau nanti Allah berkehendak menitipkan lagi hehe, Aamiin), maka peran sayalah yang sangat penting untuk membersamai tumbuh kembang Adam. Saya ingin tak hanya jadi abi yang ia hormati, namun juga jadi teman Adam yang ia segani. Sehingga ia tetap merasa nyaman dan senang didekat saya. Dan untuk mencapai hubungan yang dekat dan intim tersebut, tentunya saya harus membangun bonding atau ikatan yang kuat dengan Adam. Dan inilah, beberapa cara yang saya lakukan. Bermain permainan kesukaan anak Biasanya, weekend adalah waktu yang saya habiskan untuk bermain dengan anak-anak. Tak terkecuali dengan Adam. Dan saya sebagai Abinya tau permainan apa yang ia sukai. Maka, tugas saya tak hanya sampai mengetahuinya saja atau mengawasi Adam bermain sendiri, namun juga terjun di dalamnya dan bermain bersama.   2.Luangkan untuk tidur bersama Kesibukan mencari nafkah memang membuat waktu kita tersita. Pergi pagi pulang petang, dan jarang sekali bertemu dengan anak. Kalaupun pagi hanya pamitan, dan pulang mereka sudah tidur. Maa…

Tips Mengajari Anak Adab Makan Dalam Islam Sejak Dini

Tugas sebagai orang tua tak hanya memberi nafkah, menjaga, merawat dan membesarkan anak-anak, namun juga mengajarkannya amalan kebaikan, sopan santun, tata krama dan kebiasaan-kebiasaan yang baik untuknya. Tentunya, kita sebagai orang tua mengajarkan bukan hanya melalui kata-kata atau perintah saja. Namun langsung mencontohkan dengan mengaplikasikan ke kehidupan sehari-hari. Dan salah satu sopan santun atau tata krama yang saya ajarkan pada anak-anak sejak dini yaitu tata cara atau adab makan dalam Islam. Karena maa syaa Allah, ada banyak sekali adab makan dalam Islam. Begitu indahnya agama ini, sampai urusan perut pun diatur sedemikian rupa apiknya. Dan berikut, beberapa poin yang saya ajarkan ke Adam, Hawwa dan Shafiyyah. Membaca Basmallah Di antara sunnah Nabi adalah mengucapkan bismillah sebelum makan dan minum dan mengakhirinya dengan memuji Allah. Imam Ahmad mengatakan, “Jika dalam satu makanan terkumpul 4 (empat) hal, maka makanan tersebut adalah makanan yang sempurna. Empat hal tersebut adalah menyebut nama Allah saat mulai makan, memuji Allah di akhir makan, banyaknya orang yang turut makan dan berasal dari sumber yang halal. Mungkin memang terkesan nampak sepele sebelum makan mengucapkan ‘bismillah’. Namun kita ajarkan bahwa dengan makan saja kita dapat memberikan keridhaan Allah Ta’ala. Tidak Menggunakan Tangan Kiri Membiasakan anak makan dengan tangan mungkin memang…

Muamalah yang Tak Pernah Merugi adalah Membaca Al-Quran

Dalam bisnis, tentunya tak asing dengan untung dan rugi. Begitu juga dengan saya selaku pengusaha, maka dua kata ini sudah akrab di telinga. Ketika untung, kita akan mendapatkan kenikmatan dari hasil usaha yang kita jalankan. Dan ketika rugi, kita akan mendapatkan pelajaran atas risiko pekerjaan. Ya begitulah... namanya juga kita sedang bermuamalah dengan sesama, itu sudah biasa. Namun berbeda, jika kita bermuamalah dengan-Nya, Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka yang kita dapatkan adalah untung, untung dan untung! Malahan berkali-kali lipat. Sayangnya, tak semua insan pandai atau belum mengerti untuk memanfaatkan peluang ini. Bagaimana caranya? Yaitu dengan Membaca Al-Qur’an. “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30)   Kok Bisa Al-Qur’an Perdagangan yang Tidak Merugi? Dari Sisi Mananya? Satu huruf merupakan 1 kebaikan dan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan Sesungguhnya, kemuliaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala itu Maha Luas terhadap seluruh makhluk dan ganjarannya begitu besar sebagaimana yang Dia janjikan. Maka dengan membaca satu huruf Al-Qur’an saja,…

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Istri Kita Karena Fatal Akibatnya

Menikah adalah ibadah terpanjang dalam hidup. Dan dalam ibadah, pastinya ada banyak cobaan dan godaan yang menghampiri untuk menguji betapa kuatnya kita menjalankan ibadah tersebut. Maka tak heran, dalam rumah tangga seringkali terjadi berbagai macam perselisihan yang tak sedikit berujung pada perceraian. Dalam rumah tangga saya pun demikian, saya dan istri tak selalu ‘se-iya se-kata’, ada banyak hal yang tak sama. Namun, perbedaan ini tergantung dari bagaimana kami menyikapinya. Tak boleh ada yang egois, apapun harus dibicarakan bersama dan harus menerima apapun yang menjadi keputusannya. Kalau sudah reda, baru deh, biasanya kami mengingat masa-masa indah di awal pernikahan hehehe. Nah teman-teman, keharmonisan rumah tangga memang harus kita jaga. Dan itu mulainya dari kita sendiri sebagai seorang suami. Karena istri adalah partner hidup kita, bukan bawahan kita. Untuk itu, menghargainya adalah hal yang utama! Dan saya berikan tips, agar kita tidak melakukan hal-hal di bawah ini kepada istri kita. Semoga bisa jadi bahan intropeksi bersama ya, karena saya pun masih terus belajar seraya mempraktekannya. Mudah marah dan bermain tangan Banyak yang bilang, wanita lebih emosional sedangkan lelaki lebih logis. Namun, biologi menyebutkan sebaliknya. Wanita bila emosinya naik mudah marah dan berakhir dengan menangis. Sedangkan lelaki, biasanya dengan meluapkan amarahnya. Nah, emosi…

Bahagianya Abi Saat Adam dan Hawwa Nafsu Makan

Siapa yang tak ingin, jika anak-anak kita tumbuh dengan cerdas, sehat dan bahagia? saya yakin, semua orang tua menginginkan hal yang sama. Termasuk saya dan istri pastinya. Makanya, saya dan istri senantiasa berusaha memberikan asupan nutrisi yang baik untuk mereka berupa makanan yang halal, sehat dan bergizi. Namun yang namanya anak, tak sedikit yang menjadi picky eater, dan hal ini membuat semua orang tua khawatir tidak terpenuhi nutrisinya. Begitupun pada Adam dan Hawwa, mereka pun pernah menjadi pemilih dalam makanan dan itu menjadikan saya dan istri sebagai orang tua menjadi pusing bukan kepalang. Dan alhamdulillah, atas izin Allah masa itu sudah berlalu, Adam dan Hawwa senantiasa menikmati makanan apapun yang kami berikan dengan lahap. Jadi, bagaimana cara kami meningkatkan nafsu makannya? In syaa Allah, akan saya share di artikel ini. Namun sebelumnya, kenali dulu yuk hal-hal yang menyebabkan anak menjadi tidak nafsu makan, diantaranya: Sakit Tak hanya anak-anak, kita pun orang dewasa rasanya akan berkurang nafsu makan di kala sakit. Apalagi, anak-anak kita. Umumnya, mereka akan kehilangan nafsu makan saat sakit tenggorokan, kepala, diare atau demam. Kalau ini penyebabnya, maka tidak perlu khawatir teman-teman, karena apabila sakit bisa teratasi, maka nafsu makan pun akan pulih kembali. Stress Kata siapa stress hanya…

Top Markotop! Ternyata Banyak Banget Manfaat Makan Entok

Siapa sih yang gak kenal entok? Unggas berkaki dua yang rupanya agak sedikit mirip bebek. Dan mungkin di antara teman-teman sudah tau, kalau saya dekat sekali dengan entok. Tapi, meskipun saya dekat dengan dia, please jangan tanya ya, yang mana kakak yang mana adik antara entok dan bebek, please, jangan! Saya belum sedekat itu, nanti istri saya cemburu kalau saya terlalu dekat dengan dia. (Apasih Nu...)

Bukan Cuma Bisa Romantis, Suami Juga Harus Humoris

Setiap wanita, pasti selalu merasa istimewa apabila tersentuh hatinya dengan pujian dan rayuan. Begitupun istriku, Shireen. Dengan kata-kata manis sederhana yang sering saya utarakan dari lubuk hati saya, maa syaa Allah langsung membuat dia bahagia. Padahal, kata-kata tersebut seringkali saya ucapkan berulang, namun istri saya tetap menerima dan tersentuh seolah baru pertama mendengarnya hehehe.