Cerita

6 Tips Rumah Tangga Awet ala TW dan SS

6 Tips Rumah Tangga Awet ala TW dan SS

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia yang menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”.
(QS. Ar Rum: 30)

Sakinah, Mawaddah & Warahmah. 3 kata yang sering orang-orang ucapkan dan doakan kepada pasangan yang baru melangsungkan pernikahan. Bak dibanjiri ratusan doa dari orang-orang tercinta yang maa syaa Allah artinya 3 kata itu; damai tentram, cinta kasih atau harapan dan kasih sayang. Saya dan istri pernah merasakan, dan tentunya teman-teman yang sudah menikah juga demikian.

Namun, apakah untaian harapan dan doa tersebut masih bertahan hingga sekarang? Karena kita tau, tak ada rumah tangga yang dilalui tanpa problema. Pastinya, kita semua memiliki masalah di dalamnya. Namun, sekecil dan sebesar apapun masalah atau ujian yang menerpa, tergantung bagaimana kita menghadapinya. Bukan begitu teman-teman?

Untuk itu, saya dan istri ingin berbagi tips atau lebih tepatnya sharing pengalaman kami berdua dalam membina rumah tangga. Sedikitnya, semoga dapat bermanfaat ya untuk teman-teman semua. Dan kami pun juga manusia biasa yang masih banyak belajar dan bersabar dalam berumah tangga. Kita saling mendoakan ya teman-teman, semoga rumah tangga kita semua tetap terus Sakinah, Mawaddah & Warrahmah sampai Jannah. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin

Menikmati waktu bersama pasangan tanpa ada yang mengganggu

Sesibuk apapun kami berdua, jika waktu luang kami berusaha untuk bersama. Meskipun hanya mengaji, menonton TV atau sekedar menikmati secangkir teh atau kopi. Dan saat itu, kami saling berbagi cerita, bertanya keadaan, memberi nasihat atau support masing-masing. Karena kami paham, komunikasi dalam sebuah hubungan itu penting! Makanya saat berdua, tak jarang gadget itu selalu kami non aktifkan atau tidak kami pegang. Karena moment seperti ini, bagi kami berharga dan tak bisa ditukar oleh apapun. Jadi, jangan ganggu ya! hehe

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Jangan sampe nyesel ya 😌 . . #TWloveSS

Sebuah kiriman dibagikan oleh teuku wisnu (@teukuwisnu) pada

Mengingat bersama moment yang indah

Bak kapal di tengah lautan, pastinya banyak ombak yang selalu menghadang. Begitupun rumah tangga saya dan istri. Dan saat ombak itu datang, ada kalanya saya yang mendamaikan istri, dan ada kalanya pula istri yang menentramkan suami. Makanya, tak boleh keduanya saling egois di waktu yang bersamaan. Harus saling mengalah, bersabar dan mengerti masing-masing pasangan. Dan ketika reda, maka kami berdua suka mengingat momen-momen indah yang kami lalui bersama. In syaa Allah, mesra lagi jadinya hehehe

Saling memaafkan apapun masalahnya

Pasangan itu terdiri dua insan, dan dua insan itu memiliki dua hati. Makanya, kita perlu paham, bukan hanya diri sendiri saja yang punya hati, tapi pasangan kita juga. Makanya, jangan sampai kedua hati tersebut terluka karena sikap masing-masing. Karena terkadang, hal sepele pun dapat melukai tanpa kita sadari. Untuk itu, jangan lupa saling meminta maaf dan memberi maaf ya! karena dengan begitu, tak ada yang mengganjal di hati dan makin sayang sudah pasti! Hehehe

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Nasehat khusus untukku : “Jangan LUPA cara yang INDAH itu.” . . #TWloveSS #qoutesTW

Sebuah kiriman dibagikan oleh teuku wisnu (@teukuwisnu) pada

Bertumbuh bersama satu dengan yang lainnya

Rumah tangga itu terdiri antara ‘Aku dan Dia’. Tugasnya, memang tidak sama karena suami istri berbeda. Namun teman-teman, jangan sampai kita tidak saling memperhatikan satu sama lain ya! Misal, saya sedang mengurusi bisnis A, maka istri saya pun tau akan apa yang saya kerjakan, masalah yang saya hadapi dan berfikir bersama bagaimana caranya memdapatkan solusi. Begitupun saya, istri saya sedang mengurusi anak-anak, saya pun tau apa-apa saja yang dia pusingkan dan rasakan.

Untuk itu teman-teman, buatlah rumah tangga itu hidup karena saling bertumbuh satu dengan yang lainnya. Bukankah lebih ringan dan indah bila segalanya dikerjakan bersama?

Menyenangkan satu sama lain

Siapa sih yang tak senang dikasih hadiah? Apalagi berupa kejutan? Saya rasa, tak cuma wanita, namun pria pun sama! termasuk saya hehehe. Istri saya, seringkali memberikan kejutan lewat masakannya yang sangat saya suka. Bagi saya, itu adalah salah satu hadiah atau bentuk cintanya, karena selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga. Dan itu contoh kecilnya saja, karena masih banyak hal manis yang istri saya lakukan untuk saya secara tiba-tiba.

Untuk itu, saya pun berusaha menyenangkan hati istri saya meskipun awalnya agak khawatir kalau gagal hehe. Tapi intinya, saling menyenangkan antar pasangan itu WAJIB dilakukan dalam rumah tangga. Teman-teman coba juga ya!

Mengingat tujuan pernikahan untuk beribadah

Perlu kita semua ingat, pernikahan itu semata-mata untuk mengabdi dan beribadah kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan berbuat baik kepada sesama. Dan rumah tangga, adalah salah satu lahan peribadahan dan amal shalih di samping amal-amal ibadah lain. Bahkan, hubungan suami istri pun termasuk ibadah (sedekah). Maa Syaa Allah.. dan darinya, in syaa Allah akan menghasilkan keturunan yang shalih dan shalihah.

Untuk itu teman-teman, kiranya rumah tangga kita semua dipondasi dengan Iman dan Taqwa, agar kita ingat dan tau hakikat dari tujuan pernikahan sebenarnya.

 

Saya rasa, itu adalah keenam tips terpenting rumah tangga awet ala TW dan SS. Sebenarnya sih, masih banyak juga yang lainnya, namun semoga keenam tersebut bisa mewakili secara luas ya..

Atau teman-teman punya tips lainnya? Bisa kisah tau saya lewat kolom komentar, dan in syaa Allah akan saya praktekan bersama istri hehehe.

Selamat bermesra kembali dengan pasanganmu ya! Barakallahu fiiykum..

 

#TwloveSS

Teuku Wisnu

 

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *