CeritaKeluarga

5 Cara Seru Menghabiskan Akhir Pekan Bersama Anak Selama Pandemi

Tak terasa, Covid-19 belum lama ini menembus angka 1juta korban di negara Indonesia. Nilai yang tidak sedikit dan sangat fantastis. Terlebih, penyebaran virus tersebut semakin luas, bahkan sudah di circle kita sendiri. Hal ini, tentunya membuat kita lebih waspada dan berhati-hati dalam menjalankan protokol kesehatan apabila berada di luar rumah.

Namun, apabila tidak ada hal yang penting untuk keluar rumah, lebih baik menghabiskan waktu di dalam rumah. Memang, tak dipungkiri, sangat bosan. Karena sudah berbulan-bulan tidak pergi keluar. Dan kebosanan ini, bukan kita saja yang merasakan, lebih parah lagi adalah anak-anak kita, yang memang di usianya adalah usia bermain.

Maka, jangan sampai, pandemi yang mengharuskan anak-anak kita di rumah aja mengganggu kesehatan mentalnya lantaran kesepian, bosan, kesal, sedih ataupun depresi terhadap perubahan yang drastis. Untuk itu, peran orang tua merupakan sesuatu yang penting dan dibutuhkan anak selama pandemi. Duduklah bersama mereka dan dengarkan keluh kesahnya.

Sebagaimana Psikiater Joshua Morganstein, ketua komite dimensi psikiatri bencana American Psychiatric Association, mengatakan, “Ketika anak-anak benar-benar sedih atau kesal, hadiah terbaik yang dapat diberikan orang tua kepada mereka adalah waktu.” Ia menjelaskan, “Duduklah bersama mereka dan beri mereka waktu. Waktu untuk menunggu dan dengarkan apa yang mereka katakan.” Ia mengatakan ini membuat anak tahu bahwa kita akan mencoba memahami apa yang mereka alami dan yakin bahwa ia akan selalu aman bersama kita.

Dan setelah anak merasa aman dengan kita, maka ciptakanlah hal seru yang membuat anak-anak kembali ceria dan bersemangat. Kalau saya, biasanya melakukannya di akhir pekan agar tidak terganggu pekerjaan, dan ‘Weekend Activity’ tentunya menjadi hal yang paling saya dan anak-anak tunggu setiap minggunya.

Adapun yang biasa saya lakukan bersama anak-anak, berbagai macam bentuk aktifitasya, dan tiap minggunya pun berubah. Dan berikut beberapa diantaranya:

  1. Berenang

Aktifitas bermain air adalah hal yang paling disukai oleh anak-anak, begitupun dengan Adam dan Hawwa, mereka sangat suka berenang. Malah, Adam menciptakan gaya sendiri, katanya ‘gaya buaya’ hehehe.  Makanya, akhir pekan saya suka manfaatkan dengan berenang bersama anak. Selain menyenangkan, juga menyehatkan.

       2.Curhat Time

Bukan orang dewasa aja yang punya perasaan, anak-anak pun sama. Dia pun merasakan rasa bahagia, kecewa, sedih, marah dan lain sebagainya. Dan tentu, anak juga ingin punya teman bercerita untuk meredakan emosi dan menentramkan hatinya. Dan kesibukan kita, seringkali membuat kita tak sempat mengajak anak bercerita, atau anak justru enggan membuka suara karena melihat kita terlalu sibuk. Untuk itu, hanya duduk bersama mendengarkan Adam bercerita tentang aktifitasnya sehari-hari, cita-citanya, atau hal random lainnya adalah keharusan bagi saya dan Shireen secara bergantian. Dari situ juga, kita bisa melihat bagaimana tanggung jawab anak dan caranya memutuskan sesuatu.

          3.Live Show Murojaah

Saya dan istri memang mengajarkan anak-anak hafalan Al-Qur’an dengan cara yang menyenangkan agar anak merasa senang dan tidak terbebani. Dan salah satu cara agar terlihat seru dan biasa dihabiskan di akhir pekan, yaitu membuat panggung pentas dengan mengandalkan microphone. Adam akan beraksi dengan memurojaah bacaan yang dia hafalkan, lalu saya dan istri seolah sebagai pononton yang memberikan dukungan ke Adam, sekaligus sebagai juri yang membetulkan bacaan Adam bila terdapat kekeliruan.

         4.Permainan Fisik

Saya ingin, anak-anak saya tak menganggap saya hanya sebagai Abi-nya mereka, namun juga teman mereka. Agar mereka nyaman dan tidak canggung apabila di dekat saya. Karena banyak kasus, anak-anak dan orang tua hubungannya merenggang  ketika beranjak dewasa, dan hal itu sama sekali tidak saya inginkan. Makanya, sedari kecil saya ingin masuk ke dunia mereka dengan menjadi ‘teman sepermainannya’ mereka.

Dan cara saya bermain dengan anak-anak, terutama saat weekend, biasanya main perang-perangan dengan memakai kostum dinosaurus, ataupun berlomba balap-balapan dengan menaiki kopper. Seruuuu! Ini baru bertiga, nanti kalau Sya sudah besar makin ramai karena berempat hehehe

        5.Bersepeda

Dan kegiatan lainnya yang menyenangkan sekaligus menyehatkan karena membakar lemak adalah bersepeda. Saya biasa melakukan ini bersama Shireen dan Adam. Namun tidak jauh-jauh dari rumah, hanya di sekitar halaman ataupun komplek perumahan. Selepas bersepeda, tentunya kami mandi dan sterilisasi sepeda maupun perlengkapannya.

Dan itulah tadi beberapa weekend activity yang saya lakukan dengan anak-anak selama pandemi agar anak tetap ceria dan kesehatan mentalnya terjaga. Dan tentunya, selain yang saya sebutkan di atas, ada banyak lagi hal-hal lain yang bisa dilakukan, diantaranya: berkemah di halaman rumah, family photoshoot yang biasanya saya lakukan pakai produk Gerai Hawa dan Gerai Al Fatih Kids, jalan-jalan virtual, menonton film, nge-vlog, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi ide untuk teman-teman di rumah ya,

 

Teuku WIsnu

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *