LOADING

Cerita Sehari-hari

Post image

MEMBELA AL-QUR'AN

Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah Ta'ala melalui  malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam,  diawali dengan surat Al-Fatihah dan diakhiri surat An Nas. 
 
Allah Ta'ala menjamin keaslian dan kemurnian Al-Qur'an. Tak ada orang yang bisa mengubah dan mengganti isi Al-Qur'an. Dalam surat Al-Hijr ayat 9, Allah Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya Kami yang menurunkan Al-Qur'an dan Kami yang akan menjaganya." 
 
Al-Qur'an merupakan Sumber utama syariat Islam. Ia merupakan rujukan bagi umat Islam sekaligus sebagai petunjuk bagi manusia dan penuntun bagi orang yang bertakwa. "Itulah kitab (Al-Qur'an) yang tiada keraguan didalamnya, sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Baqarah: 2).
 
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam 14 abad silam memberikan wasiat, jalan keselamatan berasal dari dua hal, salah satunya adalah Al-Qur'an. Dalam hadits disebutkan, "Aku tinggalkan kepada kalian 2 hal, jika berpegang kepada keduanya maka tidak akan tersesat selamanya yaitu Kitabullah (Al-Qur'an)  dan sunnah Rasul-Nya (Al- Hadits). 
 
Dari sini nampak jelas, bahwa muslim sejati adalah yang mencintai Al-Qur'an, menjalani kehidupan kesehariannya dengan Al-Qur'an. Ia membacanya,  menghafalnya dan mengamalkan isi kandungannya. 
 
Semua isi Al-Qur'an adalah benar, ia adalah Wahyu yang turun dari langit. Tidak ada kebohongan sedikitpun didalam Al-Qur'an.
 
Tentang penista Al-Qur'an,  maka ia wajib mendapatkan hukuman yang berat,  karena telah melecehkan firman Allah. Meskipun, seandainya ia selamat dari tuntutan di dunia, tak akan bisa lolos dari pengadilan Allah Ta'ala di akhirat kelak. 
 
Semoga Allah Ta'ala jadikan kita hamba-Nya yang senantiasa mencintai Al-Qur'an, selalu semangat untuk membacanya, menghafalnya dan mengamalkannya. Amin.