LOADING

Cerita Sehari-hari

Post image

ROHINGYA, MEREKA ADALAH SAUDARA KITA

Rohingya adalah etnis muslim di Myanmar yang kerap mengalami tindakan diskriminasi. Pemerintah Myanmar tidak mengakuinya sebagai warga negara, sehingga mereka pergi dari tanah kelahirannya sendiri mencari penghidupan ke negara-negara tetangga seperti Bangladesh, Thailand, Malaysia hingga Indonesia. 
 
Menggunakan perahu sederhana menyeberangi lautan dan menembus samudera yang luas. Seringkali mereka tenggelam dan tak terselamatkan. Jikapun sampai ke sebuah negeri, tindakan pengusiran kerap mereka terima. 
 
Di Indonesia,  sejak 2015 lalu ada ribuan pengungsi Rohingya mencari penghidupan di Indonesia,  mereka mendarat di Aceh dan Medan. 
 
Rohingya adalah satu-satunya etnis yang tidak memiliki negara yang mengakuinya sebagai warganya. PBB telah menyebut, Rohingya adalah etnis paling tertindas didunia. Oleh negaranya sendiri tak diakui,  singgah ke negara lain kerap kali diusir. 
 
Hingga saat ini, negara yang tercatat banyak menampung etnis Rohingya adalah Arab Saudi. Sudah sejak 45 tahun lalu negara kaya minyak ini menampung para pengungsi asal Rohingya. Tahun 2015, Arab News melansir, jumlah 
mereka mencapai 4 juta orang. 
 
Para pengungsi ini diberikan fasilitas dan pekerjaan. Sebagian besar mereka tinggal di Kota Mekkah, bekerja sebagai penjaga toko, petugas kebersihan, pekerja bangunan dan lain-lain. Pemerintah Saudi memberikan status kepada mereka sebagai pengungsi yang dilindungi. 
 
Penindasan masih terus berlanjut. Masih ada jutaan orang yang belum bisa pergi meninggalkan tanah kelahirannya, di Rakhine. Tindakan sewenang-wenang mereka terima dari pemerintah yang tak menganggapnya sebagai warga negara, juga dari kelompok lain yang berbeda keyakinan dengan etnis Rohingya. 
 
Beberapa pekan ini mereka kembali diperlakukan dengan biadab. Ratusan orang dibunuh, 5 desa dibakar,  ribuan rumah dihancurkan, puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggal dan ribuan orang lainnya terisolasi,  butuh bantuan makanan dan obat-obatan. 
 
Apa yang Harus Kita Lakukan?
 
Etnis Rohingya,  mereka adalah bagian dari kita. Sama-sama manusia yang diciptakan Allah, yang ingin hidup damai dan tenang. Maka sudah sepatutnya kita bantu dan tolong mereka. 
 
Etnis Rohingya, mereka adalah muslim. Dalam hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam disebutkan, "Jika ada anggota tubuh sakit maka yang lainnya pun ikut merasakan sakit." Allah Ta'ala menegaskan "Sesungguhnya orang-orang beriman adalah bersaudara."
 
Tak ada alasan untuk tidak membantu mereka. Tak ada alasan untuk tidak mendoakan mereka. Ingatkah,  bahwa do'a adalah senjatanya orang beriman?. 
 
Mari bantu mereka dengan doa. Tolong mereka dengan harta yang dimiliki semampu kita!.