LOADING

Cerita Sehari-hari

Post image

KUALITAS BAHAGIA

Walau sering bepergian ke luar kota, sebisa mungkin saya terus mengikuti tumbuh kembang anak-anak setiap hari. Shireen selalu memberi tahu kalau ada moment lucu, seru dan menggemaskan dari Adam dan Hawwa. Kalau Dek Cut Hawwa sekarang ini belum terlalu banyak berekspresi. Beda dengan Adam yang sudah makin aktif dan cerdas.
Sebagai ayah, penting sekali untuk meningkatkan bonding ( ikatan emosional ) dengan anak. Dari sebuah studi yang dilakukan University of Guelph menyebutkan, keterlibatan ayah dalam tumbuh kembang anak ampuh membuat anak jadi lebih cerdas secara sosial, akademis, dan psikologis.
Jadi walaupun seorang ayah yang waktu bertemu dengan anaknya lebih sedikit, tetap bisa menciptakan moment berkualitas saat bersama dengan mereka.

Jangan selalu jadikan pekerjaan, bisnis dan hobi sebagai alasan tidak bisa menemani anak. Bisa dimulai dengan menyisihkan waktu, setidaknya seminggu sekali, untuk main bareng anak. Tak perlu pergi jauh, nonton TV bersama sudah mampu meningkatkan kedekatan ayah dan anak. Akan lebih baik kalau bisa menyempatkan piknik atau rekreasi bersama mereka. Seperti waktu itu , saya mengajak istri dan anak-anak untuk liburan singkat. Adam terlihat sangat bahagia. Menemaninya naik kuda, berlarian, dan menghiburnya saat dia cemberut gagal berenang karena hujan. Dan saya yakin, kualitas pertemuan dengan anak lebih utama. Mereka akan merasa lebih nyaman dengan ayahnya, meskipun kadang tidak selalu bisa sering berjumpa. Dengan Dek Cut juga saya selalu menyempatkan bercerita, tertawa sambil memegang lembut tangannya, dan memberikan pelukan hangat sangat menggendongnya.
Masa-masa seperti inilah yang akan mereka selalu ingat sampai mereka besar nanti in Syaa Allah. Kebersamaan anak-anak dengan ayahnya akan membuat anak mengerti dan menyadari bahwa ada sosok lain yang selalu siap berada di dekat anak selain ibu nya.
Semoga Allah Ta'ala menjadikan anak-anak kita bisa tumbuh sehat, cerdas dan dalam lingkungan asuh yang nyaman. Dan mendapatkan kasih sayang yang utuh dari kedua orang tua nya dan senantiasa terlindungi.
Salam untuk keluarga di rumah ya, semoga selalu bahagia.

Barakallahu Fiikum