LOADING

Cerita Sehari-hari

Post image

BELAJAR DARI ADAM

Alhamdulillah menjadi orang tua membawa banyak perubahan dalam hidup, saya mengalaminya. Sejak Adam lahir, banyak sifat dan kebiasaan yang berubah. Dituntut jadi lebih sabar, lebih perhatian dan menjadi lebih mengerti apa yang dibutuhkannya.

Beberapa waktu lalu, Adam sempat ngambek. Saya pulang dan menyapanya, Adam malah menghindar dan pura-pura cuek. Ternyata karena beberapa hari sebelumnya saya banyak menghabiskan waktu saya diluar dan menjadi lebih sedikit waktu bermain dengannya. Waktu dan kebersamaan ternyata menjadi hal penting bagi anak.

Banyak orang tua yang melewatkan quality time dengan anak dan menganggap hanya dengan menyediakan apa yang mereka butuhkan sudah cukup. Materi ternyata tidak bisa menggantikan kedekatan, hubungan emosional hanya bisa diciptakan dengan kebersamaan.

Apalagi Adam masih batita masih butuh perhatian lebih dari orangtuanya.

Yang paling penting adalah menghadirkan kedekatan dari hati. Banyak orangtua yang secara fisik hadir di dekat anak namun hatinya entah ada di mana. Dan berusahalah untuk memiliki komitmen untuk meluangkan waktu. Alokasikan waktu secara konsisten setiap hari, atau semampunya dalam seminggu. Gunakan kesempatan tersebut dengan sungguh-sungguh untuk membangun kedekatan dengan anak.

Memberikan pujian juga bisa mendekatkan diri dengan anak, namun jangan berlebihan. Pujian bisa menjadi pendorong saat mereka melakukan sesuatu yang positif dan menyenangkan.

Sodaraku doakan Adam agar selalu sehat, menjadi anak sholeh dan selalu menjadi penyejuk hati kedua orang tua. Doa yang sama juga untuk seluruh anak-anak di seluruh dunia. Dan semoga kita senantiasa bisa belajar dan berlatih sabar untuk menjadi orang tua yang selalu dirindukan dan dibanggakan oleh anak-anak.