LOADING

Cerita Sehari-hari

TIPE AYAH IDAMAN (bag. I)

(Parenting Qur'aniyah, Inspirasi Surah Yusuf  93-94)

Para ayah yang dimuliakan Allah...
Ketika Nabi Ya'qub 'alaihis salaam kehilangan anak kesayanganya, Nabi Yusuf 'alaihis salaam, kesedihan yg sangat mendalam meliputi nabi Ya'qub, beliau pun menangis siang dan malam, sampai kedua matanya buta.

Dengan izin Allah, Yusuf pun bertemu dengan saudara-saudara kandungnya, dan berkata: " pergilah kamu sekalian dengan membawa bajuku ini, lalu usapkanlah ke wajah ayahku, nanti dia akan melihat kembali, dan bawalah seluruh keluargamu kepadaku ( QS. Yusuf 93)

Sesungguhnya kisah ini memberikan pelajaran yg sgt berharga buat kita selaku para ayah. Sebenarnya Nabi Yusuf melalui bajunya ingin menciumkan bau keringatnya kpd ayah tercinta, sehingga yakinlah Nabi Ya'qub jika sesungguhnya anaknya Yusuf masih hidup..

Yaa, keringat...Seorang ayah yang baik, akan senantiasa memperhatikan perkembangan anak-anak mereka sekecil apapun, mulai dari makanan kesukaan, baju yg sering dikenakan, sepatu yg sering dipakai, dan lain sebagainya. Hingga yg sangat sensitif sekalipun, seperti bau keringat, seorang ayah yg baik akan mengetahuinya.

Bukankah biasanya kita menjadi orang yg paling tidak mau tahu tntang urusan anak-anak kita? biasanya semuanya kita serahkan kpd istri kita, seolah-olah urusan anak hnya urusan istri kita, bukanlah urusan kita.

Mudah-mudahan kita sebagai para ayah termasuk saya juga, dapat mentauladani inspirasi dari kisah Nabi Ya'qub 'alaihis salaam agar menjadi Ayah-ayah yang teladan.

Wallahu A'lam.